Kembali MatahariMall.com

Gunakan kalkulator Zakat untuk mengetahui jumlah yang harus anda bayarkan

Rp.
Rp.
Rp.
Jumlah zakat yang harus di bayar :
A. Penghasilan/bulan:
B. Penghasilan Lain/bulan:
C. Hutang Jatuh Tempo/bulan:
D. Pendapatan Kena Zakat (A+B-C):
E. Jumlah Zakat (2.5% x D x periode):

Khusus untuk harta yang telah tersimpan selama lebih dari 1 tahun (haul) dan mencapai batas tertentu (nishab)

Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
Jumlah zakat yang harus di bayar :
A. Tabungan, Deposito:
B. Properti, Tanah:
C. Logam Mulia:
D. Saham, Piutang:
E. Hutang Pribadi:
F. Jumlah Harta Kena Zakat (A+B+C+D-E):
G. Jumlah Zakat (2.5% x F):

Bayar Zakat Mal Online Disini

Jumlah yang akan Anda Bayarkan
Rp.
Masukan Informasi Anda

Hitung dengan zakat kalkulator Mataharimall.com untuk membayar zakat mal secara Online Setiap bulannya!

Apa Itu Zakat?

Sebagai umat islam terkadang masih banyak yang belum paham betul mengenai arti dari zakat itu sendiri. Zakat adalah jumlah dari harta tertentu yang harus atau wajib dikeluarkan oleh seorang muslim yang hartanya diberikan kepada orang-orang atau golongan yang membutuhkan dan berhak menerima zakat tersebut, seperti fakir miskin dan lain sebagainya. Jenis zakat pun juga ada 2 macam yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah merupakan zakat yang harus dan wajib dikeluarkan umat muslim disaat menjelang hari raya Idul Fitri, bulan Ramadhan. Besar zakat yang dikeluarkan setara dengan 3.5 liter makanan pokok pada daerah tempat tinggal, seperti beras. Sedangkan untuk zakat mal adalah zakat wajib yang berasal dari penghasilan atau pendapatan seseorang yang diberikan untuk orang yang membutuhkan. Zakat mal juga biasa disebut sebagai zakat penghasilan atau zakat pendapatan, karena dikeluarkan berdasarkan jumlah pendapatan yang didapat.

Syarat Wajib Zakat Mal

Zakat dalam islam memiliki ketentuan sendiri bagi setiap pembayar zakat maupun penerimanya. Sering juga timbul pertanyaan Zakat mal untuk siapa? Siapa yang berhak menerima Zakat mal? Orang yang berhak menerima Zakat Mal adalah kaum yang membutuhkan seperti fakir, miskin, mualaf, dan lain-lain. Sedangkan bagi seseorang yang ingin membayarkan Zakat Mal juga memiliki syarat tertentu.

Zakat Mal sering juga disebut sebagai zakat harta dikarenakan zakat ini diwajibkan bagi seseorang yang mampu dan juga memilki penghasilan yang tetap. Sedangkan pengertian dari Nishab sendiri adalah sebuah batasan terendah yang sudah ditetapkan oleh syar’i islam sebagai pedoman dalam menentukan zakat yang wajib dikeluarkan bagi yang memilikinya.

Cara Mengeluarkan Zakat Mal

Untuk membayar zakat islam ada beberapa cara atau ketentuan yang harus ditepati. Dalam membayar Zakat Mal kamu harus menghitung terlebih dahulu Nishab dari penghasilan. Perhitungan zakat memang ditentukan berdasarkan Nishab atau batasan terendah untuk seberapa besar zakat yang wajib kamu keluarkan. Nishab sendiri pun juga memiliki syarat, yaitu yang pertama adalah harta tersebut merupakan harta di luar kebutuhan pokok seseorang seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, kendaraan, dan alat-alat lainnya yang digunakan sebagai mata pencaharian. Kedua, harta yang akan kamu zakatkan sudah berjalan selama satu tahun yang terhitung dari hari kepemilikan nishab yang sesuai dengan hadits Rasulullah. Jenis dari Nishab pun bermacam-macam dan berbeda juga jumlah pengeluarannya :

Namun, ada juga zakat yang disebut juga sebagai zakat profesi. Zakat tersebut dikeluarkan berdasarkan penghasilan profesi yang ditekuni dan bila telah mencapai nisab. Profesi itu sendiri bisa dimaksudkan sebagai pegawai negeri atau swasta, artis, wiraswasta, dokter, dan lain sebagainya.

Bayar Zakat Online Dengan Mudah di MatahariMall.com

Semakin berkembangnya zaman dan teknologi kini segala jenis kebutuhan bisa dilakukan secara online, termasuk bayar zakat. Untuk mempermudah kamu dalam membayar Zakat Mal, MatahariMall.com memberikan cara bayar zakat online yang mudah dan praktis. Kamu bisa bayar zakat secara mudah dan praktis dan cara ini sangat cocok untuk kamu yang kurang memilki waktu luang. Ayo mulai bayar zakat online di MatahariMall.com, Zakat Ajaaa!